Tips Menghilangkan Lumut di Rumah

Tumbuhan lumut yang timbul di luar atau di dalam rumah memang sangat mengganggu. Selain memberikan kesan jorok, tumbuhan ini juga membahayakan anggota keluarga karena akan sangat licin jika diinjak.

source picture : http://www.mossandstonegardens.com/

Biasanya, lumut selalu tumbuh subur di bagian rumah yang lembab atau tidak terkena sinar matahari. Agar lumut ini bisa hilang, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Berikut ini adalah berbagai cara untuk menghilangkan lumut di rumah.

Menggunakan air aki
Tuangkan air aki pada permukaan lantai yang berlumut. Diamkan semalaman hingga lumut mati dan terlepas. Esoknya sikat lumut-lumut tersebut dengan air sabun, lalu bilas hingga bersih.

Batu bata merah
Bata merah selain untuk pembuatan dinding, bisa juga untuk membersihkan lumut yang membandel. Gunakan bata merah untuk membersihkan lumut yang ada di lantai kamar mandi. Caranya adalah, gosokkan batu bata pada bagian yang berlumut hingga lumut hilang. Cara ini sebaiknya digunakan pada lantai yang terbuat dari batu alam, agar permukaan lantai tidak ikut tergerus.

Kaporit
Cara menggunakan bubuk kaporit adalah siapkan bubuk kaporit secukupnya kemudian taburkan ke seluruh dinding/lantai yang berlumut, diamkan selama 1 jam. Selanjutnya akan muncul buih- buih yang menandakan lumut sudah terangkat. Siram dengan air sampai bersih kemudian gosok dengan air sabun. Siram sekali lagi dengan air agar tidak licin.

Larutan Garam
Siapkan 3 sendok makan garam dapur dan campur dengan 2 liter air, rebus larutan air garam tersebut hingga mendidih. Kemudian siramkan larutan selagi panas ke dinding/lantai yang berlumut dan gosok dengan sikat hingga bersih. Lakukan berulang kali untuk hasil yang maksimal. Setelah bersih dari lumut kemudian bilas dengan air.

Air Kapur
Buat larutan air kapur terlebih dahulu dengan cara melarutkan kapur dengan air secukupnya. Siramkan larutan ke dinding/lantai yang berlumut, diamkan semalaman. Keesokan harinya gosok lantai dengan sikat, dan lumut-lumut pun akan mudah terkelupas. Siram dengan air hingga bersih. Cara ini hampir sama dengan menggunakan air aki.


Itulah cara yang bisa digunakan untuk membersihkan lumut yang membandel. Mudah bukan? Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda. Salam!
Tips Menghilangkan Lumut di Rumah Tips Menghilangkan Lumut di Rumah Reviewed by Desain Rumah Kreatif on 11:51 AM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.