Menghilangkan Lumut Pada Paving

Paving block atau conblock sering menjadi licin dan berlumut akibat kekurangan sinar matahari dan adaya genangan air hujan yang tidak meresap sempurna. Agar air tidak menggenang, pemasangan paving block sebaiknya dibuat agak miring agar air dapat mengalir lancar ke saluran air.


Sementara, untuk mengatasi terhalangnya sinar matahari, pepohonan yang terlalu rindang di sekitar paving block perlu dipangkas. Biasanya, paving block yang tepat berada di bawah pepohonan rimbun berpotensi ditumbuhi oleh lumut. Untuk menghilangkan lumutnya, berikut triknya.

Dikutip dari buku Home Repairing Solusi Mudah Atasi Kerusakan Rumah karangan Tim Griya Kreasi, Minggu (28/9/2014) ada beberapa alat dan bahan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Seperti, alat pemangkas pohon, sikat, fungisida, semen, dan air.

Sebenarnya, untuk mengantisipasi tumbuhnya lumut ini yang harus Anda lakukan adalah memberi jalan untuk sinar matahari menerangi paving block. Bisa dilakukan dengan menebang atau mengurangi pohon yang terlalu rimbun.

Namun, jika sudah terlanjur berlumut, Anda dapat membasmi lumut-lumut tersebut dengan cara menyemprotkan cairan fungisida. Atau, Anda juga bisa membasahinya dengan taburan semen bubuk.

Tapi, jika ingin menghemat biaya, cukup dengan menggunakan kapur bangunan, tebarkan di atas paving block yang sudah dibasahi air. Lakukan cara ini disaat matahari terik.

Source : okezone.com
Menghilangkan Lumut Pada Paving Menghilangkan Lumut Pada Paving Reviewed by Desain Rumah Kreatif on 2:09 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.